http://caramaincapsasusun.org cara main capsa main capsa susun

Wednesday, May 23, 2018

Macam-macam Manfaat Vitamin B bagi Kesehatan Anda


Vitamin B memegang peranan penting bagi tubuh. Zat ini bisa membantu pertumbuhan, perkembangan serta fungsi tubuh lainnya. Mengingat manfaat vitamin B bagi tubuh, maka Anda sepatutnya selalu menyertakan zat ini dalam pola makan harian Anda.

Ingin tahu apa saja manfaat vitamin B? Ini ia penjelasannya!

Ragam - tipe Vitamin B dan Manfaatnya
Ada delapan tipe vitamin B dan masing - masing memiliki manfaat yang berbeda-beda. Apabila digabungkan, kedelapan zat ini disebut vitamin B kompleks.


Berikut penjelasan lebih detail mengenai manfaat vitamin B:

Vitamin B1 (thiamine), Kecuali menjaga metode saraf Anda konsisten sehat, vitamin ini dibutuhkan dalam merubah makanan yang Anda konsumsi menjadi energi. Untuk mendapatkan manfaat itu, Anda bisa mengkonsumsi makanan kaya vitamin B1 seperti telor, susu, roti dari biji-bijian utuh, daging sapi, buah-buahan segar dan kering, serta sayuran seperti kacang polong. Tiap harinya tubuh Anda memerlukan asupan vitamin B1 sebanyak 0,8 mg untuk wanita, dan 1 mg untuk pria. Jumlah ini mudah didapat dari makanan sehari-hari sehingga biasanya tidak perlu untuk mengkonsumsi suplemen.

Vitamin B2 (riboflavin), Ingin menjaga agar kulit dan mata konsisten sehat? Cukupi kebutuhan harian vitamin B2 Anda. Dosis konsumsi vitamin B2 harian yang disarankan ialah 1,1 mg untuk wanita, dan 1,3 mg untuk pria. Manfaat vitamin B2 lainnya ialah menjaga metode saraf agar konsisten sehat serta membantu mencerna karbohidrat, protein, dan lemak dalam makanan. Anda bisa mendapatkan vitamin B2 dari ikan, telor, susu, sayur mayur atau nasi. Namun, jauhkan makanan tersebut dari paparan sinar sang surya karena bisa merusak vitamin B2 yang terkandung di dalamnya.

Vitamin B3 (niacin), Vitamin B3 bisa menjaga metode saraf agar konsisten berprofesi dengan baik, menjaga kesehatan kulit dan merubah makanan menjadi energi. Sumber terbaik vitamin B3 bisa ditemukan pada susu,kacang-kacangan,  telor, ikan, dan daging sapi. Kebutuhan harian vitamin B3 ialah 13 mg untuk wanita, dan 17 mg untuk pria.

Vitamin B5 (pantothenic acid), Vitamin B5 membantu pertumbuhan tubuh serta penting dalam produksi hormon. Kecuali itu, makanan yang Anda makan bisa diubah menjadi energi karena adanya vitamin B5. Vitamin B5 bisa dijumpai pada makanan, seperti kentang, daging sapi, tomat, telor, brokoli, daging ayam, dan nasi merah.

Vitamin B6 (pyridoxine), Vitamin ini membantu membentuk hemoglobin yang mengedarkan oksigen dalam darah ke seluruh tubuh. Kecuali itu, vitamin B6 juga berperan dalam merubah protein dan karbohidrat dari makanan agar menjadi energi. Saluran pencernaan, otot, dan beberapa bagian dari metode imunitas malahan terjaga dengan adanya vitamin ini di tubuh Anda.

Vitamin B6 bisa didapat dari kacang, susu, kentang, ikan, daging ayam, dan pisang. Dosis konsumsi harian vitamin B6 ialah 1,2 mg untuk wanita, dan 1,4 mg untuk pria.

Vitamin B7 (biotin), Vitamin ini memiliki peran penting dalam memecah lemak dan karbohidrat menjadi asam lemak dan glukosa untuk diciptakan energi bagi tubuh. Anda bisa mendapatkan vitamin B7 dengan mengkonsumsi pisang, salmon, wortel, sereal, hati dan kembang kol.

Vitamin B9 (folic acid), Bersama vitamin B12, vitamin B9 penting dalam memproduksi sel darah merah yang sehat. Kecuali itu, vitamin B9 juga bisa membantu sel-sel tubuh dalam pembuatan serta menjaga DNA. Lebih jauh, mengkonsumsi vitamin B9 saat hamil bisa menurunkan risiko bayi di dalam kandungan mengalami kecacatan metode saraf sentra, seperti spina bifida.

Dosis vitamin B9 yang dibutuhkan ialah 0,2 mg per hari. Untuk ibu hamil atau berencana hamil, Anda disarankan mengkonsumsi suplemen vitamin B9 sebanyak 0,4 mg per hari. Namun apabila ada anggota keluarga yang pernah terkena spina bifida, Anda disarankan untuk mengkonsumsi 5 mg tiap-tiap harinya. Konsumsi suplemen ini sejak Anda berhenti memakai kontrasepsi hingga umur kandungan setidaknya 3 bulan. Sumber vitamin B9 yang bisa ditemukan pada makanan ialah brokoli, kacang, kacang polong, asparagus, bayam, dan sereal.

No comments:

Post a Comment

Tips Mengatasi Gusi Berdarah Saat Menyikat Gigi

Anda pernah mengalami gusi berdarah pada ketika sikat gigi atau sesudah makan ? Kecuali tersebut bisa jadi merupakan pertanda adanya masa...